Saturday, April 18, 2009

Run Foxplus/Foxbase Win XP

Run Foxplus/Foxbase Win XP

disadur dari http://dinatapoetra.blogspot.com/

FOX BASE

FoxBase? makanan apa tuh?

Nggak, FoxBase bukanlah sejenis makanan maknyus, tapi adalah seekor makhluk primitif dari akhir jaman cretaceous yang nggak ikut berevolusi dan nggak ikut mati bersama dinosaurus lain. Nama latinnya FoxBase-tropus Pleistoceino Es Cendolinicus Rex. Ngarang pol!

FoxBase itu sejaman dengan dBASE III dan malah saingan. Ato
Aplikasi pengolah file yang berjalan di sistem operasi DOS. FoxBase memiliki serangkaian aturan dan metode yang hamper mirip dengan program dBase, namun memiliki feature lebih banyak
. FoxBase itu sendiri baru saya kenal belakangan ini. FoxBase masih punya banyak penggemar karena untuk data yang nggak terlalu besar bisa dibilang cukup cepat dan handal. Yah, barang antik memang punya pangsa penggemar sendiri.

Di kantor sendiri masih ada yang pake FoxBase. Kata temen-temen ‘yang sok moderen’ katanya kayak Coelacanth. Makhluk yang mestinya gak hidup di jaman sekarang. Memang, FoxBase berjalan di DOS dan masalahnya adalah ketika suatu saat butuh dijalankan di Windows yang notabene adalah ‘penguasa’ jaman ini, si FoxBase mati gaya. Nah, karena adat ketimuran, yang muda harus hormat sama yang tua dan yang muda kudu nurut sama yang tua, maka si Windows-lah yang harus ngalah.

Beberapa environment setting DOS di Windows, dalam hal ini Windows XP harus disesuaikan untuk bisa menjalankan FoxBase di Windows XP. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan. Btw, ini adalah pengalamanku sendiri ketika harus bisa menjalankan FoxBase 2.10 for DOS di Laptop Pentium III x86 untuk keperluan ranking.

Jalankan Command Prompt. Start -> Run -> cmd atau Start -> Run -> command . Harusnya muncul kotak hitam primitif dengan prompt C:\> dan kursor yang berkelap-kelip. Ah, masa nggak tahu Command Prompt sih.

Arahkan ke direktori dimana mfoxplus.exe berada dan jalankan dari prompt

C:\FOX>mfoxplus

Kalo gak muncul error dan FoxBasenya jalan, ya sudah, berarti langkah-langkah selanjutnya udah gak diperlukan. Tapi kalo muncul error seperti ini:

error 2009: Not enough space for environment

maka beberapa penyesuaian setting diperlukan. Caranya:

Dari C:\>, Ketik: set . Akan muncul:

COMSPEC=C:\WINDOWS\SYSTEM32\COMMAND.COM
ALLUSERSPROFILE=C:\DOCUME~1\ALLUSE~1
APPDATA=C:\DOCUME~1\net\APPLIC~1
CLIENTNAME=Console
COMMONPROGRAMFILES=C:\PROGRA~1\COMMON~1
COMPUTERNAME=IBM_NET
FP_NO_HOST_CHECK=NO
HOMEDRIVE=C:
HOMEPATH=\Documents and Settings\itsnet
LOGONSERVER=\\IBM_NET
NUMBER_OF_PROCESSORS=1
OS=Windows_NT
PATH=C:\WINDOWS\system32;C:\WINDOWS;C:\WINDOWS\System32\Wbem
PATHEXT=.COM;.EXE;.BAT;.CMD;.VBS;.VBE;.JS;.JSE;.WSF;.WSH
PROCESSOR_ARCHITECTURE=x86
PROCESSOR_IDENTIFIER=x86 Family 6 Model 8 Stepping 6, GenuineIntel
PROCESSOR_LEVEL=6
PROCESSOR_REVISION=0806
PROGRAMFILES=C:\PROGRA~1
PROMPT=$P$G
SESSIONNAME=Console
SYSTEMDRIVE=C:
SYSTEMROOT=C:\WINDOWS
TEMP=C:\WINDOWS\TEMP
TMP=C:\WINDOWS\TEMP
USERDOMAIN=IBM_NET
USERNAME=net
USERPROFILE=C:\DOCUME~1\net

Beberapa parameter yang ditampilkan di atas perlu di-null-kan untuk bisa menjalankan FoxBase di Windows XP. Cara me-null-kannya gampang, dari Command Prompt ketikkan perintah:

SET = , contoh:

SET PROCESSOR_ARCHITECTURE=
SET PROCESSOR_IDENTIFIER=
SET PROCESSOR_LEVEL=
SET PROCESSOR_REVISION=

Parameter-parameter mana yang di-null-kan tergantung komputer itu sendiri. Di kasusku sendiri aku harus me-null-kan PROCESSOR_ARCHITECTURE, PROCESSOR_IDENTIFIER, PROCESSOR_LEVEL, PROCESSOR_REVISION, SESSIONNAME, NUMBER_OF_PROCESSORS, HOMEPATH, HOMEDRIVE, LOGONSERVER, FP_NO_HOST_CHECK, OS, PATHEXT, PROGRAMFILES, USERPROFILE, USERNAME, USERDOMAIN, TMP, TEMP, COMMONPROGRAMFILES, dan COMPUTERNAME.

Parameter-parameter ini harus di-null-kan SETIAP KALI akan menjalankan FoxBase. Untuk membuatnya praktis, aku buat file Batch untuk melakukan sekuen eksekusi ke mfoxplus.exe. Berikut adalah isi dari Batch File ku:

echo off
cls
SET PATH=c:\windows;c:\windows\system32;c:\windows\system32\WBEM;d:\fox
SET PROCESSOR_ARCHITECTURE=
SET PROCESSOR_IDENTIFIER=
SET PROCESSOR_LEVEL=
SET PROCESSOR_REVISION=
SET SESSIONNAME=
SET NUMBER_OF_PROCESSORS=
SET HOMEPATH=
SET HOMEDRIVE=
SET LOGONSERVER=
SET FP_NO_HOST_CHECK=
SET OS=
SET PATHEXT=
SET PROGRAMFILES=
SET USERPROFILE=
SET USERNAME=
SET USERDOMAIN=
SET TMP=
SET TEMP=
SET COMMONPROGRAMFILES=
SET COMPUTERNAME=
mfoxplus

Kalo masih ada yang error, tambahkan lagi ke Batch File, parameter-parameter yang dicurigai perlu untuk di-null-kan. Selama dalam mode DOS, semua parameter itu akan tetap null, tapi ketika keluar dari DOS, otomatis parameter-parameter yang di-null-kan tadi akan kembali seperti sedia kala.

Ada cara lain yang lebih mudah daripada yang udah dijelaskan panjang lebar di atas yaitu pakai emulator DOS macam DOSBox, dll.